Modul P5 Gaya Hidup Berkelanjutan Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum Merdeka


Navidik.com - Berikut kami bagikan Modul P5 - Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Gaya Hidup Berkelanjutan Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum Merdeka. P5-Proyek penguatan profil pelajar Pancasila adalah sebuah inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, kesadaran, dan penerapan nilai-nilai Pancasila pada siswa. Pancasila adalah dasar ideologi negara Indonesia dan menjadi landasan moral bagi warga negara Indonesia. Proyek semacam ini dapat diimplementasikan di berbagai tingkatan pendidikan, dari tingkat dasar hingga tingkat perguruan tinggi.

Profil Pelajar Pancasila:
  • Proyek ini mungkin mencakup pembelajaran dan pemahaman lebih dalam terhadap dasar-dasar ideologi Pancasila, seperti gotong royong, persatuan, keadilan sosial, demokrasi, dan lainnya.
  • Mungkin juga mencakup kegiatan yang mengarah pada pengembangan sikap positif, seperti toleransi, kepatuhan pada hukum, cinta tanah air, dan semangat nasionalisme.
Proyek adalah serangkaian kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu dengan cara menelaah dan mengimplementasikan suatu tema menantang. Projek didesain agar peserta didik dapat melakukan investigasi, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Peserta didik bekerja dalam periode waktu yang telah dijadwalkan untuk menghasilkan karya, produk, dan/atau aksi. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar.

Dalam profil pelajar terdapat beberapa dimensi dan nilai yang menunjukkan bahwa profil pelajar tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga dunia yang:
  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia;
  2. Berkebhinekaan global;
  3. Bergotong-royong;
  4. Mandiri;
  5. Bernalar kritis;
  6. Kreatif.
Beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam proyek ini antara lain:
  1. Pendekatan melalui kurikulum: Menyelaraskan kurikulum dengan nilai-nilai Pancasila. Materi-materi yang berkaitan dengan Pancasila harus diintegrasikan dalam mata pelajaran yang ada, seperti Pendidikan Kewarganegaraan dan Agama. Pihak sekolah juga bisa membuat mata pelajaran khusus tentang Pancasila.
  2. Penanaman nilai Pancasila: Mengadakan berbagai kegiatan yang dapat membantu pelajar memahami dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila. Misalnya, melalui diskusi kelompok, pengalaman hidup, studi lapangan, atau program mentoring dengan orang tua atau guru yang memiliki pemahaman yang baik tentang Pancasila.
  3. Pembentukan dan penguatan organisasi siswa Pancasila: Membentuk organisasi atau klub siswa di sekolah yang fokus pada nilai-nilai Pancasila. Organisasi ini dapat mengadakan berbagai kegiatan seperti diskusi, seminar, atau kampanye sosial yang berfokus pada penguatan pemahaman dan implementasi nilai-nilai Pancasila.
  4. Pelibatan masyarakat: Melibatkan masyarakat secara luas dalam proyek ini. Sekolah dapat menjalin kerjasama dengan lembaga atau kelompok masyarakat yang memiliki komitmen dan keahlian dalam mengembangkan pemahaman dan pengamalan Pancasila.
  5. Evaluasi dan monitoring: Melakukan evaluasi dan monitoring secara berkala terhadap proyek ini. Hal ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas proyek, mengetahui tantangan atau hambatan yang mungkin muncul, dan menentukan tindakan perbaikan yang diperlukan.
Proyek Penguatan profil pelajar Pancasila ini memiliki peran penting dalam membentuk generasi muda yang memiliki sikap dan prilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dengan demikian, pelajar akan menjadi generasi yang cinta tanah air, berkarakter kuat, dan mampu berkontribusi positif bagi bangsa dan negara.

Untuk mendownload Modul P5 Gaya Hidup Berkelanjutan Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum Merdeka pada tautan di bawah ini :

Format                  : Word/Exel
Size                        : 795 KB
File Compatible    : All Windows
Demikian Modul P5 Gaya Hidup Berkelanjutan Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum Merdeka, mudah-mudahan dapat membantu administrasi Bapak/Ibu Guru dalam menyiapkan Modul P5, semoga bermanfaat. terimakasih.

Post a Comment for "Modul P5 Gaya Hidup Berkelanjutan Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum Merdeka"