Contoh Modul P5 - PPRA Kurikulum Merdeka dan Pembuatannya

Navidik.com - Berikut kami bagikan Contoh Pembuatan Modul P5 - PPRA Kurikulum Merdeka. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin.

Pengertian P5-PPRA :

P5-PPRA - Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa terhadap nilai-nilai Pancasila dan konsep Rahmatan Lil Alamin. Ini adalah proyek yang bertujuan untuk membentuk karakter dan sikap positif siswa dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai ini dalam kehidupan sehari-hari.

Profil Pelajar Pancasila:

  • Proyek ini mungkin mencakup pembelajaran dan pemahaman lebih dalam terhadap dasar-dasar ideologi Pancasila, seperti gotong royong, persatuan, keadilan sosial, demokrasi, dan lainnya.
  • Mungkin juga mencakup kegiatan yang mengarah pada pengembangan sikap positif, seperti toleransi, kepatuhan pada hukum, cinta tanah air, dan semangat nasionalisme.

Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin:

  • Konsep Rahmatan Lil Alamin adalah prinsip dalam Islam yang mengajarkan kasih sayang, perdamaian, dan keramahan kepada seluruh makhluk Allah SWT. Proyek ini mungkin mengajarkan siswa tentang prinsip-prinsip Rahmatan Lil Alamin dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Kegiatan dalam proyek ini mungkin mencakup pembelajaran tentang nilai-nilai moral, etika, kepedulian terhadap sesama, dan kerjasama yang sesuai dengan konsep Rahmatan Lil Alamin.

Proyek ini akan memberikan kontribusi positif dalam membentuk karakter siswa yang lebih baik dan mempersiapkan mereka untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan berakhlak baik, sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan konsep Rahmatan Lil Alamin.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin, merupakan sarana memberi kesempatan peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Dalam kegiatan projek profil pelajar ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting seperti perubahan iklim, anti radikalisme,kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi sehingga peserta didik dapat melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya. Projek penguatan profil pelajar diharapkan dapat menginspirasi peserta didik untuk berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya.

Projek adalah serangkaian kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu dengan cara menelaah dan mengimplementasikan suatu tema menantang. Projek didesain agar peserta didik dapat melakukan investigasi, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Peserta didik bekerja dalam periode waktu yang telah dijadwalkan untuk menghasilkan karya, produk, dan/atau aksi. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar.

Dalam profil pelajar terdapat beberapa dimensi dan nilai yang menunjukkan bahwa profil pelajar tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga dunia yang:

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia;
  2. Berkebhinekaan global;
  3. Bergotong-royong;
  4. Mandiri;
  5. Bernalar kritis;
  6. Kreatif.

Sekaligus pelajar juga mengamalkan nilai-nilai beragama yang moderat, baik sebagai pelajar Indonesia maupun warga dunia. Nilai moderasi beragama ini meliputi:

  1. Berkeadaban (ta’addub);
  2. Keteladanan (qudwah);
  3. Kewarganegaraan dan kebangsaan (muwaṭanah);
  4. Mengambil jalan tengah (tawassuṭ);
  5. Berimbang (tawāzun);
  6. Lurus dan tegas (I’tidāl);
  7. Kesetaraan (musāwah);
  8. Musyawarah (syūra);
  9. Toleransi (tasāmuh);
  10. Dinamis dan inovatif (taṭawwur wa ibtikār);
Berikut Contoh Modul P5 - PPRA Kurikulum Merdeka dapat diunduh melelui tautan dibawah ini:

Contoh 1 _ Modul P5 - PPRA

Contoh 2 _ Modul P5 - PPRA

Contoh 3 _ Modul P5 - PPRA

Demikian yang dapat kami bagikan terkait contoh Modul P5 - PPRA Kurikulum Merdeka, semoga dapat membantu bapak atau ibu dalam pembuatan Modul P5 - PPRA. terima kasih semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Contoh Modul P5 - PPRA Kurikulum Merdeka dan Pembuatannya"