Download Contoh Program Kerja PASKIBRA SMP/SMA

Sahabat navidik.com kali ini admin akan membagikan terkait Contoh Program Kerja PASKIBRA SMP/SMA, yang bisa dijadikan referensi dalam membuat program kerja PASKIBRA di sekolah baik tingat SMP atau SMA.

PASKIBRA merupakan Pasukan Pengibar Bendera yang bertugas mengibarkan bendera pada saat upacara peringatan hari nasional maupun dilaksanakan pada setiap hari senin di sekolahnya masig-masing. tugas dari paskibra bukan hanya mengibarkan bendera saja tetapi juga untuk menurunkan benderanya. 

Salah satu kegiatan kesiswaan ditingkat SMP/SMA yaitu Paskibra yang bisa di ikuti oleh siswa atau siswi terutama yang berminat pada kegiatan tersebut. kegiatan ini sangat bermanfaat terutama bagi siswa atau siswi yang megikuti kegiatan paskibra, salah satu manfaat dari kegiatan tersebut yaitu melatih kedisiplinan serta konsentrasi siswa - siswi serta menigkatkan dan mengembangkan kemampuan dirinya dalam kegiatan Paskibra.

Pembinaan kesiswaan di sekolah bermaksud untuk memberikan bekal kepada siswa-siswinya yang selanjutnya atas prakarsa sendiri menambah serta meningkatkan dan mengembangkan dirinya maupun lingkungannya ke arah terciptanya martabat, mutu dan kemampuan manusia yang optimal serta pribadi yang mandiri.  

Baca Juga : Program Kerja Pramuka Kegiatan Ekstrakulikuler

Salah satu materi pembinaan Kesiswaan di sekolah yang tercantum dalam Keputusan Kemdikbud Nomor : 0461/U/ 1984 tentang Pembinaan Kesiswaan adalah Pendidikan Pendahuluan Bela Negara yang diselenggarakan di sekolah, seperti pembentukan Pasukan Pengibar Bendera Sekolah (Paskibra) dengan kegiatan yaitu Peraturan Baris-berbaris (PBB), Tata Upacara Bendera (TUB) serta Latihan Kepemimpinan Siswa Tingkat Perintis yang bertujuan menanamkan disiplin, mempertebal rasa dan semangat kebangsaan, Patriotisme serta sikap kepemimpinan dan rasa tanggung jawab yang tinggi bagi para siswa sehingga diperoleh sikap lahir (ketegapan, ketangkasan, kelincahan dan kerapian) dan sikap bathin (ketaatan, keikhlasan berkorban, kesetiakawanan dan rasa persatuan dan kesatuan) dikalangan para siswa sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Untuk menjadi calon anggota paskibra diharapkan siswa atau siswi memahami dasar baris-berbaris baik secara teori maupun praktek dilapangan, serta memahami dasr ilmu kepaskibraan.

Nah, untuk menunjang terlaksananya kegiatan kesiswaan tersebut diperlukan sebuah program kerja paskibra yang dapat menjadi dasar terlaksananya kegiatan paskibra tersebut. berikut ini merupakan contoh Program Kerja PASKIBRA SMP/SMA yang dapat diadikan referensi dalam membuat program kera tersebut. Program kerja tersebut bisa di unduh melalui link dibawah ini :

Demikian yang dapat kami bagikan terkait Proram Kerja PASKIBRA tingkat SMP/SMA, semoga apa yang admin bagikan diatas dapat bermanfaat terima kasih.



Post a Comment for "Download Contoh Program Kerja PASKIBRA SMP/SMA"