5 Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan serta Cara Pengobatannya

Hallo sahabat navidik.com kali ini admin akan membagikan informasi terkait 5 Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan serta Cara Pengobatannya dan baik untuk Pengobatan. Lengkuas ini bisa kita jumpai sehari-hari sebagai bumbu dapur , namun anda harus ketahui bahwa lengkuas memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh salah satunya yaitu Berbagai penyakit kulit, seperti kudis, koreng, dan borok, Obat tetes telinga, Obat gosok, pelancar kemih, dan obat penguat empedu, serta menambah nafsu makan. untuk lebih lengkapnya berikut penjelasannya.


Nama :

Nama ilmiah : Alpinia galanga 

Nama daerah : langkueh, lengkues, lengkueh, lingkuas, engkuas ringkuas, lingkoas, lincuas, langkuasa, dan hing. kuase 

Nama asing : grote galanga (Belanda), galanga de | inde (Perancis), groser galgant (Jerman), greater galanga, java galanga (Inggris), khulanyan (Arab), kong deng (Kamboja), langkuas (Filipina), padagoji (Burma), kulanyan (Urdu India) 

Ciri - Ciri fisik Lengkuas :

Sosok : semak berumur tahunan.

Tinggi : mencapai 1,5 - 2,5 meter.

Batang : berupa batang semu yang terdiri dari helaian daun. 

Rimpang : ada 2 jenis lengkuas yang ditemukan di Jawa, yakni yang berkulit rimpang merah dan yang berkulit rimpang putih. Jenis yang berkulit merah, umumnya memiliki serat lebih kasar. 

Daun : bentuk bulat panjang dengan ujung meruncing permukaan atas hijau mengkilap, sedangkan permukaan bawah pucat, terlihat garis putih agak keras pada tepi daun.

Bunga : berwarna putih kehijauan, lembaran lidah bunga berwarna putih bergaris merah dengan ujung bercuping dua.

Tempat tumbuh atau hidup :

Lengkuas ditemukan menyebar di seluruh dunia. untuk tumbuhnya, lengkuas menyukai tanah gembur, sinar matahari banyak, sedikit lembap, tetapi tidak tergenang air. Kondisi tanah yang disukai berupa tanah liat berpasir, banyak mengandung humus, beraerasi dan draenase baik. Ketinggian tempatnya, di dataran rendah hingga ketinggian 1.200 m dpl. 

Cara Perbanyakan :

Cara perbanyakan tanaman lengkuas ini dapat dilakukan dengan memotong rimpang yang sudah memiliki mata tunas. Selain itu, dapat juga dengan memisahkan sebagian rumpun anakannya. 

Kandungan Kimia :

Minyak asiri berwarna kuning kehijauan mengandung methyl Cinamate 48%, cineol 20 - 30%, kamfer, d-pinen, galangin, dan eugenol (yang membuat pedas). Selain itu, juga mengandung sesquiterpene, camphor, galangol, cadinine, hydrates hexahydrocadalene, dan kristal kuning. 

Manfaat untuk Kesehatan atau pengobatan :

1) Berbagai penyakit kulit, seperti kudis, koreng, dan borok 

Siapkan Rimpang lengkuas ditambah bawang putih sebanyak 4 kali rimpang lalu ditumbuk halus dan dijadikan bubur (pasta). Tempelkan pasta tersebut di tempat yang sakit. Untuk kurap menahun, tambahkan sedikit cuka ke pasta tersebut. Selain itu, rimpang segar yang dicacah sampai timbul seratnya dan diberi sedikit cuka dapat digunakan untuk menggosok panu di kulit. 

2) Obat tetes telinga 

Siapkan Rimpang Lengkuas yang muda lalu ditumbuk dan diperas airnya. Air tersebut dapat diteteskan sebagai obat telinga. 

3) Obat gosok, pelancar kemih, dan obat penguat empedu 

Siapkan Rimpang lengkuas lalu diiris-iris dan direndam dalam alkohol, kemudian digosokkan pada perut. 

4) Rematik 

Siapkan Rimpang lengkuas secukupknya lalu lengkuas tersebut direbus. Airnya yang masih hangat digunakan untuk mandi.

5) Penyakit lain 

Rimpang lengkuas yang dijadikan bumbu dapur dicampur dalam masakan sehari-hari juga dipercaya dapat menguatkan lambung dan isi perut, memperbaiki pencernaan, mengeluarkan lendir di saluran pernapasan, menyembuhkan sakit kepala dan nyeri dada, serta menambah nafsu makan.

Demikian yang dapat kami bagikan terkait 5 Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan serta Cara Pengobatannya, Semoga dapat bermanfaat bagi saudara yang membacanya terima kasih.

Post a Comment for "5 Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan serta Cara Pengobatannya"