Perempuan Wajib Tahu Cara Mengatasi Datang Bulan Secara Alami

Datang bulan merupakan hal yang biasa untuk perempuan terutama bagi yang sudah remaja, nah pada kali ini kami akan memberikan penjelasan terkait cara mengatasai datang bulan secara alami agar tidak merasa kesakitan. Pada saat hari pertama datang bulan atau menstruasi juga di sebut disebut PMS (Premenstrual Syndrome), pada sebagian wanita sering mengalami rasa sakit atau nyeri pada bagian perut bawah ketika datang bulan tiba.

Kondisi ini memang sangat wajar, tapi rasa nyeri yang datang membuat sangat tidak nyaman untuk melakukan kegiatan sehari-hari. terutama bagi perempuan pekerja, sudah dipastikan pekerjaannya tidak terselesaikan dengan baik karena konsentrasi hilang serta yang ada hanya terus merasa kesakitan perut bagian bawah yang luar biasa.

Penyebab Sakit Datang Bulan

Ada sebagian wanita, terutama yang masih remaja kalau akan datang bulan perut merasa sakit, sampai betul-betul tidak tertahan rasa sakitnya. Hal ini disebabkan karena penyempitan pada indung telur dan kurang olahraga. 

Otot-otot dinding rahim pada perempuan setiap akan mengalami kontrkasi yang sangat lembut, bahkan saking lembutnya kontraksi tersebut sama sekali tidak dirasa. Tapi beda halnya ketika masa menstruasi tiba, pergerakan kontraksi justru semakin kencang yang disebabkan adanya proses menggugurkan pembuluh darah yang menebal pada dinding rahim, sehingga menimbulkan rasa sakit.

Selain itu, rasa sakit juga dipicu karena adanya pengeluaran zat kimia prostaglandin pada tubuh sehingga pergerakan kontraksi pada rahim semakin kuat. Tidak hanya itu saja, prostaglandin juga menimbulkan beberapa gejala lainnya seperti kram perut, mual, diare, lemas serta sakit kepala.

Menurut penelitian dokter, setiap perempuan menghasilkan prostaglandin dalam jumlah yang berbeda-beda. Jika seorang menghasilkan prostaglandin dengan jumlah sedikit, ada kemungkinan besar  tidak akan merasakan nyeri lagi. Begitupula sebaliknya, jika wanita menghasilkan prostaglandin yang banyak, maka bisa menimbulkan rasa sait yang lebih parah saat haid.

Kemudian untuk ramuan dan pengobatannya seperti di bawah ini : 

  1. Temu lawak     : 1 ons
  2. Asam  Jawa     : 1 tangkai 
  3. Gula merah      : semanisnya atau secukupnya
  4. Garam dapur    : secukupnya 
  5. Air                    : 3 gelas (3/4liter) 

Caranya Membuatnya : 

  1. Temu lawak dikupas dicuci dan diiris tipis-tipis
  2. Rebus bahan-bahan diatas dengan tiga gelas air dan tinggalkan 1 1/2 gelas
  3. Setelah menjadi hangat suam-suam kuku lalu diminum, Lakukanlah pengobatan ini tiap kali akan datang bulan.
Demikian penjelasan diatas terkait cara mengatasai datang bulan secara alami agar tidak merasa kesakitan, semoga dapat bermanfaat.

Post a Comment for "Perempuan Wajib Tahu Cara Mengatasi Datang Bulan Secara Alami"