Contoh Pengembangan Materi Bahan Ajar dan Model Pembelajaran

Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

Sahabat navidik.com Pengembangan Materi Bahan Ajar dan Model Pembelajaran merupakan pengembangan materi dalam rangka memaksimalkan proses pembelajaran di kelas serta menggunakan model-model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi ajar. oleh karena itu sebagai pendidik harus mengetahui cara-cara mengembangkan materi ajar maupun menggunakan model-model pembelajaran.

Pengembangan Materi Bahan Ajar

Bahan ajar dikembangkan dari  KI-KD dan dari silabus dan dijabarkan lagi capaian indikatornya maupun tujuan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan-pendekatan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi ajar. seperti pendekatan scientific untuk meningkatkan pemahaman peserta didik, Sintaks : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, mengkomunikasikan, maupun menggunakan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Model Pembelajaran

Model pembelajaran merupakan pedoman perencanaan pembelajaran bagi pendidik yang telah disusun dalam merencanakan aktivitas belajar mengejar di dalam kelas. salah satu contoh dalam model pembelajaran ini yaitu Problem Based Learning (PBL) dimana PBL ini menitikberatkan pada masalah-masalah yang harus di selesaikan oleh peserta didik baik secara individu maupun secara kelompok. dengan adanya permasalahan yang nyata, mereka bisa belajar berfikir kritis, mengembangkan keterampilan memecahkan masalah, dan memperoleh pengetahuannya sendiri.

Berikut merupakan contoh Pengembangan Materi Bahan Ajar dan Model Pembelajaran yang bisa bapak/ibu kembangkan lagi sesuai dengan tujuan dan materinya. 


untuk mendapatkan file di atas bapak/ibu bisa mengunduhnya melalui link di bawah ini :


Demikian Contoh Pengembangan Materi Bahan Ajar dan Model Pembelajaran mudah-mudahan dapat membantu bapak/ibu dalam membuat dan mengembangkan materi ajar , semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


2 comments for "Contoh Pengembangan Materi Bahan Ajar dan Model Pembelajaran"

  1. Terimakasih, kontennya sangat bermanfaat gan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, terimakasih sudah mengunjungi blog kami

      Delete