Contoh Proposal PTK Fiqih Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Assalamualaikum Wr. Wb.

sahabat navidik.com kali ini admin akan membagikan contoh Proposal PTK (Penelitian Tindakan Kelas ) dengan Model Problem Based Learning (PBL). PTK (Penelitian Tindakan Kelas ) merupakan penelitian yang dilakuakan oleh seorang guru di kelas dengan tujuan untuk  mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran maupun untuk mengetahui hambatan-hambatan dalam upaya penerapan model pembelajaran pada peserta didik

Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat menolong siswa untuk meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan pada pada era globalisasi saat ini. Problem Based Learning (PBL) dikembangkan untuk pertama kali oleh Prof. Howard Barrows sekitar tahun 1970-an dalam pembelajaran ilmu medis di McMaster University Canada (Amir, 2009 ,h. 124). Model pembelajaran ini menyajikan suatu masalah yang nyata bagi siswa sebagai awal pembelajaran kemudian diselesaikan melalui penyelidikan dan diterapkan dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah.

Beberapa definisi tentang Problem Based Learning (PBL) :

1). Menurut Duch (1995,h. 201), Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang menantang siswa untuk “belajar bagaimana belajar”, bekerja secara berkelompok untuk mencari solusi dari permasalahan dunia nyata. Masalah ini digunakan untuk mengikat siswa pada rasa ingin tahu pada pembelajaran yang dimaksud.

2). Menurut Arends (Trianto, 2007,h. 68), Problem Based Learning (PBL) merupakan suatu pendekatan pembelajaran di mana siswa dihadapkan pada masalah autentik (nyata) sehingga diharapkan mereka dapat menyusun pengetahuannya sendiri, menumbuh kembangkan keterampilan tingkat tinggi dan inkuiri, memandirikan siswa, dan meningkatkan kepercayaan dirinya.

3). Menurut Glazer (2001,h.89 ), mengemukakan Problem Based Learning merupakan suatu strategi pengajaran dimana siswa secara aktif dihadapkan pada masalah kompleks dalam situasi yang nyata.

Dalam Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (2020), problem based learning diartikan sebagai metode pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk mendapatkan ilmu baru dari analisis berbagai pengetahuan dan pengalaman belajar yang dimiliki, serta menghubungkannya dengan permasalahan belajar yang diberikan guru.

Pembelajaran berbasis masalah dikembangkan untuk memberikan siswa pengalaman belajar yang mengutamakan kemampuan analisis materi secara mandiri. Dengan adanya permasalahan yang nyata, mereka bisa belajar berpikir kritis, mengembangkan keterampilan memecahkan masalah, dan memperoleh pengetahuannya sendiri.

Manfaat PTK (Penelitian Tindakan Kelas) :

Adapun manfaat yang diharapkan dari kegiatan penelitian tindakan kelas  ini adalah:

1.  Bagi Siswa

a.       Dapat dijadikan sebagai pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan lebih variatif

b.      Dapat meningkatkan minat dan motifasi siswa untuk mempelajari materi pelajaran Fiqih

c.       Melatih siswa agar terbiasa aktif dalam proses pembelajaran

d.       Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa

2.   Bagi Guru

a.       Merupakan alat untuk mengembangkan diri sebagai guru yang professional

b.   Mengembangkan berbagai metode pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan siswa

c.   Dapat meningkatkan variasi dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran

3.   Bagi Sekolah

a.   Dapat dijadikan sebagai bahan kajian dalam melakukan perencanaan dan pengembangan sekolah

b.      Dapat meningkatkan kompetensi siswa

c.       Meningkatkan kualitas lulusan

d.    Dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan

e.     Dapat meningkatkan prestasi dan kualitas sekolah


untuk mendapatkan file di atas bapak/ibu bisa mengunduhnya melalui link di bawah ini :


Demikian contoh Proposal PTK Fiqih Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), 
 semoga  bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Post a Comment for "Contoh Proposal PTK Fiqih Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)"