Perubahan Sifat Benda dan Faktor yang Mempengaruhi Sifat Benda - IPA Kelas 5

Sahabat navidik.com berikut kami jelaskan materi terkait Perubahan Sifat Benda dan Faktor yang Mempengaruhi Sifat Benda. suatu benda dapat berubah sifat, baik secara alami, maupun pengaruh tindakan manusia. untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini tentang perubahan sifat benda serta faktor yang mempengaruhinya - IPA Kelas 5.

Perubahan Sifat Benda :

Benda dapat mengalami perubahan sifat, secara alami atau pengaruh tindakan manusia. Perubahan sifat benda antara lain: perubahan wujud, perubahan bentuk, perubahan warna, perubahan kekerasan, perubahan bau, dan perubahan kelenturannya.

Perubahan Wujud 

Wujud benda ada 3 macam, yaitu :

1) benda padat,
2) benda cair, dan
3) benda gas.
- Perubahan wujud padat menjadi cair disebut mencair.
- Perubahan wujud cair menjadi padat disebut membeku.
- Perubahan wujud cair menjadi gas disebut menguap.
- Perubahan wujud gas menjadi cair disebut mengembun.
- Perubahan wujud gas menjadi padat disebut mendeposisi.
- Perubahan wujud padat menjadi gas disebut menyublim.

Masih ada lagi perubahan wujud yang lain, seperti mengkristal, menyusut, dan memuai.

Perubahan Bentuk

Bentuk benda ada bermacam-macam, ada yang berbentuk bulat, lonjong, kotak, persegi, kerucut, dan lain-lain. Bentuk-bentuk benda dapat mengalami perubahan. Contoh air di dalam panci dapat diubah menjadi bentuk yang bermacam-macam sesuai dengan cetakannya.

Perubahan Warna 

Pernahkah terpikirkan olehmu, mengapa bajumu yang baru, lama kelamaan menjadi kusam? Baju tersebut sering dicuci dan dijemur di terik matahari. Tindakan inilah yang menyebabkan warna pakaianmu memudar. Benda-benda di sekitarmu seperti foto, pensil, kertas, sepatu, dan tas yang semula indah warnanya lama kelamaan juga akan memudar karena pengaruh udara dan panas.

Perubahan Kekerasan 

Coba kamu perhatikan benda-benda di sekitarmu yang semula keras seperti batu dapat berubah kekerasannya karena pengaruh perubahan cuaca. Contoh: kayu yang semula keras dapat lapuk, karena pengaruh hujan dan panas.

Perubahan Bau 

Pernahkah kamu mengamati tikus mati yang membusuk? Tikus atau binatang lain yang membusuk akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Hal ini terjadi disebabkan oleh mikroba.

Perubahan Kelenturan 

Benda-benda dari karet biasanya lentur dan elastis. Kelenturan karet ini dapat berubah karena pengaruh panas, minyak, atau bensin. Karet yang terus-menerus terkena panas matahari akan berubah menjadi kaku. Jika karet tersebut kita regangkan, karet menjadi putus karena rapuh. Begitu pula karet yang terkena minyak atau bensin, karet pun dapat mengembang dan menjadi rapuh.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Sifat Benda :

Banyak sekali faktor yang dapat memengaruhi sifat benda, di antaranya sebagai berikut.

Pemanasan

Sifat benda akan berubah karena pengaruh suhu atau pemanasan. Contoh: pakaian yang basah bila dijemur di terik matahari akan menjadi kering, nasi yang basah bila dijemur menjadi kering dan keras, dan lain-lain.

Pembakaran

Sifat benda akan berubah karena proses pembakaran. Contohnya: kayu yang dibakar akan berubah bentuk dan warnanya, serta mengeluarkan asap (menjadi arang, warnanya hitam, dan asap berwujud gas). Sifat arang dan asap berbeda dengan sifat kayu.

Pendinginan

Sifat benda akan berubah karena proses pendinginan. Contohnya air yang didinginkan akan berubah menjadi es batu. Air adalah benda cair, sedangkan es batu merupakan benda padat. Sifat es berbeda dengan sifat air

Pembusukan

Sifat benda akan berubah karena proses pembusukan. Contohnya: makanan yang kamu biarkan beberapa hari akan membusuk, karena pengaruh bakteri atau mikroba. Bakteri atau mikroba akan mengeluarkan zat yang menyebabkan menjadi busuk, lunak, dan berlendir.

Pencampuran

Sifat benda akan berubah karena proses pencampuran. Contohnya: pembuatan tembok atau gedung dengan cara mencampurkan air, pasir, dan semen menjadi satu. Air merupakan benda cair, sedangkan semen dan pasir merupakan benda padat. Setelah terjadi pencampuran ketiganya dan dibiarkan beberapa saat, menjadi sangat keras dan memiliki sifat yang berbeda dengan aslinya.

Perkaratan

Logam yang sering terkena air akan cepat berkarat, karena air banyak mengandung oksigen. Jika logam, terutama besi dan baja serta seng bersentuhan langsung dengan udara dan air, maka akan terjadi reaksi oksigen membentuk karat. Warna besi atau seng berubah menjadi cokelat atau hitam. Besi atau seng yang semula keras dan kokoh berubah menjadi rapuh dan mudah patah.

Demikian yang dapat kami jelaskan tentang Perubahan Sifat Benda dan Faktor yang Mempengaruhi Sifat Benda, semoga penjelasan materi diatas dapat bermanfaat terima kasih.


Post a Comment for "Perubahan Sifat Benda dan Faktor yang Mempengaruhi Sifat Benda - IPA Kelas 5"