Berikut 6 Manfaat Lempuyang bagi Kesehatan Tubuh Simak Penjelasannya

Hallo sahabat navidik.com kali ini admin akan membagikan informasi terkait 6 Manfaat Lempuyang yang bagi Kesehatan Tubuh dan baik untuk Pengobatan yang memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh salah satunya yaitu Menambah nafsu makan, Batuk rejan atau kinghus, Alergi udang atau ikan laut sehingga timbul gatal-gatal, kaki encok, Rematik di kaki atau obat gosok, dan Penambah darah. untuk lebih lengkapnya berikut penjelasannya.

Nama :

Nama ilmiah : Zingiber spp, Z. aromaticum (lempuyang wangi), Z. amaricans (lempuyang pahit).
Nama daerah : lampuyang, lempuyang .

Ciri fisik :

Sosoktema tahunan. 
Tinggi, Tinggi bisa mencapai 1,75 m. 
Batang, merupakan batang semu, terdiri dari helaian kelopak daun yang saling membungkus. 
Rimpang, berukuran besar: daging berwarna kuning pucat, rasa lempuyang wangi, tajam dan berbau harum, rasa lempuyang pahit, tajam dan pahit di lidah dengan bau yang tidak kuat. 
Daun, berbentuk mata lembing atau bulat memanjang, ujung meruncing, dan pangkal mengecil. 
Bunga, muncul dari umbi batang, berbonggol di bagian atas. 

Tempat tumbuh :

Tanaman ini dahulu banyak tumbuh liar, Tempat yang disukainya dengan ketinggian 0 sampai 1.200 m dpl. 

Cara Memperbanyak lempuyang:

Lempuyang seperti kerabat tanaman berimpang lainnya dapat diperbanyak dengan rimpangnya. Rimpang yang cukup tua ditumbuhkan dahulu akar dan tunasnya, baru dipindah ke kebun. Selain itu, perbanyakan dapat dilakukan dengan pemisahan anakan. 

Kandungan Kimia :

Minyak asiri berupa limonen dan zerumbon (zat anti kejang).

Manfaat ntuk pengobatan :

1) Menambah nafsu makan

Rimpang lempuyang pahit sebanyak 150 g dicuci hingga bersih. Kemudian parut hingga halus. Rebuslah parutan ini ngan 2500 cc air hingga airnya tinggal separuh. Untuk menghilangkan rasa pahit dapat ditambah gula merah 50g. Saring terlebih dahulu sebelum diminum. Air ini diminum 3 kali sehari, cukup 1 sendok makan. 

2) Batuk rejan atau kinghus

Rimpang lempuyang pahit dicampur kayu manis cina dan bawang merah yang sudah dipanggang. Campuran tersebut ditumbuk dan diperas, kemudian diminum hasil perasannya. 

3) Alergi udang atau ikan laut sehingga timbul gatal-gatal 

Iris tipis-tipis rimpang lempuyang pahit, seduh seperti teh, dan diminum setiap hari hingga gejala alergi hilang. 

4) Kaki encok 

Rimpang lempuyang pahit ditumbuk, dicampur dengan minyak kelapa dan abu dapur hingga berbentuk tapal. Ramuan ini juga berguna untuk megobati bengkak-bengkak di badan. Caranya oleskan tapal pada bagian yang bengkak. 

5) Rematik di kaki atau obat gosok 

Rimpang lempuyang wangi dikupas, lalu dicampur cabe jawa, dilumatkan, dan ditambah nasi kering. Ramuan itu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. 

6) Penambah darah 

Rimpang lempuyang wangi diparut, lalu dicampur dengan gula jawa, dan direbus dengan air secukupnya. Airnya diminum sehari 3 kali sebanyak 1 sendok makan.

Demikian yang dapat kami bagikan terkait 6 Manfaat Lempuyang yang bagi Kesehatan Tubuh, semoga apa yang dipaparkan diatas dapat bermanfaat terima kasih.

Post a Comment for "Berikut 6 Manfaat Lempuyang bagi Kesehatan Tubuh Simak Penjelasannya"