Soal PAS Matematika Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 Kurikulum 2013

Berikut ini kami bagikan contoh Soal PAS Matematika Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2022/2023 lengkap semua mata pelajaran. PAS atau penilian akhir semester dilakukan untuk mengetahui kemampuan serta pemahaman siswa dalam memahami materi pelajaran selama satu semester.

Salah satu cara peserta didik mempersiapkan diri menghadapi PAS Tahun Pelajaran 2022/2023 adalah dengan mempelajari contoh soal PAS Kurikulum 2013.

Dengan mempelajari contoh soal PAS Kurikulum 2013 ini, diharapkan peserta didik kelas memiliki gambaran bentuk soal PAS Matematika Kelas 8 Semester 1 SMP/MTs Tahun Pelajaran 2022/2023, serta Soal PAS ini merupakan soal PAS terbaru tahun 2022 kurikulum 2013.

PAS Sebagai Penilaian Hasil Belajar Selama 1 Semester

Setiap satuan pendidikan, selain wajib melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, juga perlu melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai upaya terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

Salah satu bentuk penilaian tersebut adalah Penilaian Akhir Semester (PAS). PAS merupakan salah satu bentuk evaluasi belajar yang materi soalnya diambilkan dari setengah materi dalam satu semester .

PAS menjadi salah satu penilaian hasil belajar selain bentuk penilaian lainnya, seperti Penilaian Ulangan Harian, Penilaian Tugas, dan Penilaian Akhir Semester.

Tujuan Penilaian Akhir Tahun (PAS) secara umum adalah untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik selama setengah semester dan hasilnya dijadikan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan belajar.

Sedangkan secara khusus, tujuan pelaksanaan PAS adalah sebagai berikut.

  1. Untuk memperbaiki proses pembelajaran yang sudah berlangsung selama setengah semester.
  2. Untuk mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik selama setengah semester.
  3. Untuk mendiagnosa kesulitan belajar peserta didik.
  4. Untuk memotivasi peserta didik dalam melakukan perbaikan hasil belajar.
  5. Untuk mendeteksi kebutuhan remidial dan pengayaan peserta didik.

Sedangkan beberapa fungsi dari PAS adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
  2. Sebagai umpan balik dalam perbaikan proses pembelajaran.
  3. Sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
  4. Sebagai evaluasi diri terhadap kinerja peserta didik.
Dibawah ini merupakan contoh soal PAS Matematika Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 Kurikulum 2013, yang bisa bapak/ibu guru donwload secara gratis.

Bapak/Ibu Guru bisa mengunduh Soal PAS Matematika Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 Kurikulum 2013 diatas melalui link di bawah ini 

Demikian yang dapat dibagikan mengenai contoh Soal PAS Matematika Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Soal PAS Matematika Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 Kurikulum 2013"