Naskah Teks UUD 1945 untuk Upacara Bendera

Pelaksanaan kegiatan Upacara Bendera dilakukan oleh setiap satuan pendidikan baik tingkat SD/MI, SMP/MTs, serta SMA.MA. kegiatan ini dilakukan setiap hari senin pagi setiap minggunya, oleh sebab itu satuan pendidikan wajib melaksanakan kegiatan upacara bendera ini.


Salah satu kegiatan dalam upacara ini yaitu pembacaan UUD (Undang-Undang Dasar) 1945 yang dilakukan oleh petugas upacara, selain pembacaan UUD 1945 yang wajib dilakukan yaitu pembacaan Teks PANCASILA serta Pembacaan Do'a, dan masih banyak lagi yang harus dilakukan ketika pelaksanaan kegiatan Upacara Bendera. berikut ini merupakan UUD (Undang-Undang Dasar) 1945 yang bisa dibacakan ketika pelaksanaan Upacara Bendera pada Hari Senin.



UNDANG - UNDANG DASAR
NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945

PEMBUKAAN

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri-kemanusiaan dan peri-keadilan.

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Demikian yang dapat kami dibagikan terkait Naskah Teks UUD 1945 untuk Upacara Bendera , semoga dapat membatu satuan pendidikan dalam pelaksanaan kegiatan Upacara Bendera pada hari senin, terima kasih.

Post a Comment for "Naskah Teks UUD 1945 untuk Upacara Bendera "