Contoh Soal Ujian Madrasah (UM) Jenjang MI Semua Mapel

Contoh Soal Ujian Madrasah (UM) Jenjang MI Semua Mapel

 Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Penilaian hasil belajar merupakan salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan di madrasah. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan data/informasi untuk mengukur capaian hasil belajar peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan.

Ujian Madrasah (UM) meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan di kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal. UM diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan.

Hal tersebut menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan dalam hal ini adalah madrasah untuk menyelenggarakan ujian pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya.

Dalam rangka standarisasi penyelenggaraan Ujian Madrasah (UM), maka Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyusun dan menetapkan Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Madrasah sebagai panduan bagi pengelola madrasah dan pemangku kepentingan lainnya dalam penyelenggaraan Ujian Madrasah.

Contoh Soal UM jenjang MI yang kami bagikan terdiri atas;

1. Soal Bahasa Indonesia

2. Soal Matematika

3. Soal IPA

4. Soal PKn

5. Soal IPS

6. Soal SBdP

7. Soal Al-Quran hadist

8. Soal Akidah akhlak

9. Soal Fiqih

10. Soal SKI

11. Soal B. Arab

12. Soal B. Sunda

Untuk mengunduhnya silakan klik dibawah ini;

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Contoh Soal UM Mapel Umum Jenjang MI", semoga bermanfa'at. 

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Post a Comment for "Contoh Soal Ujian Madrasah (UM) Jenjang MI Semua Mapel"