Perkembangbiakan Hewan Secara Vegetatif - IPA Kelas 5

Sahabat navidik.com berikut kami sampaikan penjelasan materi Perkembangbiakan Hewan Secara Vegetatif, materi ini merupakan materi IPA Kelas 5 semester 1. untuk lebih jelasnya simak penejelasan dibawah ini.

Hewan memiliki kemampuan untuk berkembang biak. Hewan dapat berkembang biak tanpa perkawinan atau secara vegetatif maupun melalui perkawinan atau secara generatif. simak penjelasan dibawah ini.

Perkembangbiakan Hewan secara Vegetatif :

Perkembangbiakan hewan secara vegetatif adalah perkembangbiakan hewan melalui cara membelah diri, pertunasan, dan fragmentasi. Perkembangbiakan demikian dialami oleh hewan tingkat rendah. Tahukah kalian, hewan apa yang berkembang biak dengan cara tersebut? berikut ulasannya.

Membelah Diri

Membelah diri adalah membagi tubuh menjadi dua sama besar. Hewan yang berkembang biak dengan membelah diri yaitu Amoeba. Amoeba adalah hewan bersel satu. Ukuran Amoeba sangat kecil. Bagaimana cara Amoeba membelah diri? Kaki semu pada Amoeba ditarik ke dalam sehingga tubuhnya menjadi bulat. Pada saat itu, inti sel mulai terbelah menjadi dua dan Amoeba membelah diri menjadidua. 

Pertunasan

Pertunasan merupakan cara perkembangbiakan hewan yang dilakukan dengan membentuk tunas pada tubuhnya. Tunas akan terus tumbuh dan berkembang hingga ukuran tertentu. Setelah cukup dewasa, tunas akan melepaskan  diri. Selanjutnya, tunas yang terpisah dari induknya akan tumbuh menjadi hewan baru. Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara pertunasan adalah Hydra. 

Fragmentasi

Fragmentasi merupakan cara berkembang biak hewan tingkat rendah melalui pemotongan bagian tubuh tertentu. Kemudian, potongan tubuh tersebut akan tumbuh menjadi keturunan yang baru. Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara fragmentasi adalah cacing pipih (Planaria). 

Perkembangbiakan hewan secara vegetatif biasanya terjadi pada Amoeba (membelah diri), Hydra (pertunasan), dan Cacing pipih (Fragmentasi). hewan-hewan diatas berkembangbiak dengan cara vegetatif.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang materi Perkembangbiakan Hewan Secara Vegetatif, mudah-mudahan apa yang disampaikan diatas dapat bermanfaat terima kasih.

Post a Comment for "Perkembangbiakan Hewan Secara Vegetatif - IPA Kelas 5"