5 Manfaat Tumbuhan Kumis Kucing bagi kesehatan, berikut penjelasannya

Hallo sahabat navidik.com kali ini admin akan membagikan informasi terkait 5 Manfaat Tumbuhan Kumis Kucing bagi kesehatan Tubuh yang memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh salah satunya yaitu untuk Infeksi saluran kencing atau sering kencing, Kencing yang tersendat dan disertai rasa sakit, Darah tinggi, Demam, dan Manfaat lain juga dapat menyembuhkan infeksi ginjal dan kencing batu, menambah nafsu makan, menghilangkan panas, dan mengobati encok). untuk lebih lengkapnya berikut penjelasannya.

Nama :

Nama ilmiah    : Orthosiphon stamineus Benth 
Nama daerah    : remujung (Jawa), sesalaseyan, soengot koceng (Madura) 
Nama asing      : mao xu cao (Cina) 

Ciri-ciri Tumbuhan Kumis Kucing :

Sosok        : tanaman satu ini meskipun tumbuh tegak namun cenderung menyemak atau rimbun.
Batang      : berwarna cokelat keunguan atau kemerahan, dan berbentuk persegi.
Daun         : berbentuk belah ketupat, tepi bergerigi, kedua permukaan daun berbintik-bintik.
Bunga       : berupa tandan yang keluar dari ujung cabang, benang sari lebih panjang dari tabung bunga, pada umumnya berwarna putih, meskipun ada juga yang berwarna kebiruan. 

Tempat tumbuh :

Tanaman kumis kucing tumbuh di dataran rendah sampai dataran sedang (menengah). 

Cara Perbanyakan :

Kumis kucing bisa diperbanyak dengan cara setek batang. Pilihlah batang yang sudah agak tua lalu Potong sepanjang 15-20 cm dan tanamlah.

Kandungan kimia kumis kucing :

Orthosiphon glikosida, zat samak, minyak asiri, saponin, sapofonin, garam kalium, myoinositol 

Manfaat untuk pengobatan :

1) Infeksi saluran kencing atau sering kencing 

Petiklah tangkai dan daun kumis kucing sebanyak 30 g. Tambahkan daun meniran dan commelia communis masing-masing 30 g lalu direbus dan minumlah.

 2) Kencing yang tersendat dan disertai rasa sakit 

Ambilah daun kumis kucing lalu dikeringkan setelah daun kumis kucing kering dapat diseduh dengan air panas seperti teh, lalu diminum dengan gula aren juga berkhasiat. 

3) Darah tinggi 

Siapkanlah daun kumis kucing yang basah dan kering sebanyak 50 g. Daun kumis kucing yang kering dibersihkan lalu direbus dengan air secukupnya. Daun yang segar langusng diseduh dengan air panas. Hasil ramuan keduanya diambil lalu disaring. Ramuan ini sebaiknya diminum segelas sehari. 

4) Demam 

Siapkanlah 100 g akar kumis kucing, Cuci hingga bersih. Selanjutnya rebus dengan air sebanyak 2000 cc. Setelah mendidih diamkan air sampai tidak terlalu panas, kemudian disaring dan diambil airnya. Air rebusan ini cukup diminum segelas sehari. 

5) Manfaat lain juga dapat menyembuhkan infeksi ginjal dan kencing batu, menambah nafsu makan, menghilangkan panas, dan mengobati encok). Semua bagian tanaman kumis kucing dapat pula direbus atau dikeringkan, lantas diseduh seperti minum teh.

Demikian yang dapat kami bagikan mengenai 5 Manfaat Tumbuhan Kumis Kucing bagi kesehatan Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "5 Manfaat Tumbuhan Kumis Kucing bagi kesehatan, berikut penjelasannya"