Berikut 5 Manfaat Kencur untuk Kesehatan Tubuh

Hallo sahabat navidik.com kali ini admin akan membagikan informasi terkait 5 Manfaat Kencur untuk Kesehatan Tubuh yang memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh salah satunya yaitu untuk Obat tetanus, keracunan tempe bongkrek, muntah-muntah, keracunan jamur serta menambah daya tahan tubuh, menghilangkan masuk angin, dan kelelahan. untuk lebih lengkapnya berikut ulasannya.

Nama :

Nama ilmiah : Kaempiferia galanga L

Nama daerah : Ceuko, tekur (Aceh), Kaciwer (Batak), Cakue (Minang), Cikur (sunda), Sikor (Kalimantan), Cekuh (Bali), Cakuru (Makasar), Asauli (Ambon).

Nama Asing : Humula (Benggala), Kamung (Burma), Prso shan nai (Cina), herbe a kemfer (Perancis).

Ciri Fisik :

Sosok : terna berbatang semu yang tumbuh tumbuh merumpun

Daun : bulat melebar dengan ujung mengecil, tumbuh agak merapat dengan permukaan tanah, jumlahnya banyak, warna hijau segar, agak tebal, tangkai daun amat pendek berwarna keputihan. 

Bunga : berwarna ungu keputihan, mungil, berbau harum, muncul di sela sela daun, mudah gugur. 

Rimpang : tumbuh bergerombol dan menjalar, jika dibelah maka tampaklah daging rimpang yang berwarna putih, kulit rimpang berwarna cokelat tua mengilap, aroma rimpang kencur terasa lembut bila dibandingkan tanaman kerabat zingiberaceae lainnya.

Asal : India 

Tempat hidup :

Di negara kita, tumbuhan ini mudah tumbuh subur serta tanaman dapat ditanam di dalam pot atau halaman pekarangan rumah bisa untuk bumbu dapur atau bahan obat. kencur ini mudah ditanam ditanah yang gembur, subur, dan sedikit berpasir cocok sekali ditanami.

Cara Memperbanyak :

Perbanyakan kencur cukup gampang. Pilih rimpang yang sudah cukup tua, tetapi masih segar dan langsung ditanam. Dari rimpang tersebut akan tumbuh tunas. Selain itu, dapat pula rimpang segar ini disimpan di gudang 1-2 minggu terlebih dahulu agar mengeluarkan tunas sebelum ditanam di tanah. 

Kandungan kimia :

kencur atau cikur ini banyak mengndung bahan kimia diantaranya Minyak asiri yang terdiri atas borneol, methyl-p-cumaric acid, Sheamicacid ethyl ester, pentadecane, cinnamic aldehyde, camphene.

Khasiat untuk pengobatan :

1) Obat tetanus 

Siapkan rimpang kencur sebesar 3 jari. Tambahkan daun jinten setengah genggam dan daun ngokilo 18 lembar. Cuci bersih ramuan dan potong-potong seperlunya. Rebuslah dengan 3 gelas air bersih. Tambahkan 3 jari gula enau. Biarkan air pere. busan hingga sekitar 3/4-nya. Air rebusan didinginkan, baru disaring dan diminum sebanyak 3/4 gelas. Sebaiknya ramuan ini diminum 3 kali sehari. 

2). Keracunan tempe bongkrek 

Bahan yang disiapkan ialah rimpang kencur 1/2 jari, daun sambiloto 1/4 genggam, daun kumis kucing 1/3 genggam, gula enau 2 jari, serta daun belimbing wuluh 1/4 genggam. Bahan dicuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya. Rebuslah bahan dengan 2 gelas air bersih hingga tinggal 1/4-nya. Dinginkan airnya lalu disaring. Minum 1-2 kali sehari. Sekali minum cukup 3/4 gelas. 

3) Muntah-muntah 

Siapkan 1,5 jari kencur. Cuci bersih lalu berikan untuk dikunyah penderita bersama sedikit garam. Sesudah halus kencur ditelan dan kemudian minum air hangat. Lakukan 2 kali sehari. 

4) Keracunan jamur 

Ambillah rimpang kencur 1 jari, daun sambiloto 1/3 genggam, dan daun jintan 1/4 genggam untuk mengobatinya. Tumbuk bahan sampai halus dan tambahkan air masak 3/4 gelas. Peras dan saringlah. Lantas minumkan ke penderita yang sudah muntah muntah. Cukup diminum sekali sehari. 

5) Khasiat lain 

Jamu beras kencur biasa diminum untuk menambah daya taha tubuh, menghilangkan masuk angin, dan kelelahan. 

Demikian penjelasan diatas terkait Berikut 5 Manfaat Kencur untuk Kesehatan Tubuh, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Berikut 5 Manfaat Kencur untuk Kesehatan Tubuh "