7 Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan berikut Penjelasannya

Hallo sahabat navidik.com kali ini admin akan membagikan informasi terkait 7 Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan yang memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh salah satunya yaitu untuk Demam, Batuk Kronis, Flu Ringan, Penyakit Kurang Darah, Menghentikan Kebiasaan Merokok, Bau Ketiak yang tidak Sedap dan lain-lain, untuk lebih lengkapnya berikut ulasan singkatnya.

Nama :

Nama Ilmiah  : Citrus Aurantifolia
Nama Daerah : Jeruk Asam (Jawa), Limau Asam (Sunda), Jeruk dhurga (Madura)
Nama asing    : Lime (Inggris), Lima (Spanyol), Limah (Arab)

Ciri fisik :

Sosok     : pohon yang berukuran kecil. 
Batang   : memiliki duri tajam dan banyak cabang-cabang kecil. 
Daun      : berbentuk bulat telur, agak kaku, panjangnya 4-6 cm, pada bagian tepi agak berlekuk ke atas, tangkai daunnya kecil dan sempit. 
Bunga    : berwarna putih dan harum. 
Buah      : berbentuk agak bulat, ujungnya sedikit menguncup, saat masih muda buah berwarna hijau, semakin tua semakin hijau muda atau kekuningan, rasanya asam segar. 

Tempat Hidup :

Jeruk nipis menyukai tempat yang terbuka dengan sirkulasi udara yang baik.

Cara Memperbanyak :

Untuk menanam tanaman jeruk nipis dapat dipilih hasil semaian dari biji ataupun bibit cangkokan.

Kandungan :

Lilmonen, linalin asetat, geranil asetat, asam sitrat, vitamin C, kalsium, fosfor, vitamin B1, zat besi, fellandren, dan sitral.

Khasiat untuk pengobatan :

  1. Demam : Petiklah 2-4 genggam daun jeruk nipis. Rebus dengan 2-4 gelas air, Gunakan air rebusan ini untuk mengompres pasien yang demam. Caranya dengan membasuh kain pada air rebusan dan diperas, lalu ditempelkan pada dahi penderita.
  2. Batuk Kronis : Peraslah sebuah jeruk nipis tua. Ambil air perasannya satu sendok teh. Campur dengan kecap manis lalu Minumlah tiga kali sehari. Cara lain untuk mengobati batuk ialah dengan memanggang jeruk nipis sebentar di atas api hingga diperkirakan air di dalam jeruk nipis mendidih. Biarkan sebentar hingga buah suam-suam kuku. Belah jeruk nipis tersebut, lalu langsung peras ke dalam mulut hingga mengalir ke tenggorokan. Resep ini baik pula untuk menyebuhkan flu. 
  3. Flu Ringan : Minum air jeruk nipis yang hangat. 
  4. Penyakit kurang darah : Siapkan bahan berupa daun bayam duri 25 g, telur ayam 2 butir, jeruk nipis 1/2 buah, madu murni 2 sendok makan, serta daun tapak liman 10 g. Daun bayam dan daun tapak liman dibersihkan, lalu ditumbuk dan diambil airnya. Air tersebut dicampur dengan kuning telur, jeruk nipis, dan madu. Aduk sampai rata dan diminum 2 kali sehari. 
  5. Menghentikan kebiasaan merokok : Isaplah sepotong jeruk nipis. Rasanya yang asam segar membuat Anda terangsang untuk minum air putih. Lakukan beberapa kali sehari. Cara ini selain mengurangi keinginan untuk merokok juga membantu membersihkan nikotin yang sudah terdapat pada gigi dan mulut. 
  6. Bau ketiak yang tidak sedap : Siapkan jeruk nipis yang dicampur kapur sirih. Setelah mandi, usapkan campuran ini pada ketiak dan biarkan beberapa waktu sebelum dibasuh. Lakukan pagi dan sore hari. 
  7. Khasiat lain : Perasan jeruk nipis yang dicampurkan ke dalam minuman teh, selain dapat menyegarkan tubuh, juga mampu memperlancar keluarnya air kencing.
Demikian ulasan diatas terkait "7 Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan" semoga dapat bermanfaat.

Post a Comment for "7 Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan berikut Penjelasannya"