Kisi-kisi soal Pretest Program Pendidikan Guru PPG Tahun 2022


Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Sahabat navidik.com kali ini admin akan membagikan Kisi-kisi soal pretest PPG tahun 2022 yang perlu dipahami oleh peserta PPG di dalam membantu peserta PPG mempersiapkan diri menghadapi pretest PPG tahun 2022

Di dalam rangka menyiapkan guru-guru profesional, maka pemerintah melakukan salah satu upaya, yaitu Program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1/D IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan, sehingga diperoleh Sertifikat Pendidik Profesional.

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) diharapkan akan menghasilkan guru-guru profesional diharapkan akan menghasilkan lulusan yang unggul dan siap menghadapi tuntutan jaman.

PPG diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang memiliki lembaga pendidikan tenaga kependidikan yang memenuhi persyaratan.

Secara umum, tujuan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah sesuai dengan yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 3, yaitu menghasilkan calon guru yang memiliki kemampuan mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Sistem pembelajaran dalam program Pendidikan Profesi Guru (PPG) mencakup perkuliahan, praktikum, dan praktek penggalaman lapangan yang diselengarakan dengan pemantauan langsung secara insentif oleh dosen yang ditugaskan khusus untuk kegiatan tersebut serta dinilai secara objektif dan transparan.

Perkuliahan praktikum dan praktek pengalaman lapangan dilaksanakan secara tatap muka dan berorientasi pada pencapaian kompetensi merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menulis hasil pembelajaran, menindaklanjuti hasil pembelajaran, serta melakukan pembimbingan pada pelatih.

Uji kompetensi sebagai ujian akhir terdiri dari ujian tulis dan ujian kinerja. Ujian kompetensi tersebut ditempuh setelah peserta lulus semua program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Ujian tulis dilaksanakan oleh program studi atau jurusan penyelenggara, sedangkan ujian kinerja dilaksanakan oleh program studi atau jurusan dengan melibatkan organisasi profesi maupun pihak eksternal yang profesional dan relevan.

Peserta yang lulus uji kompetensi berhak untuk memperoleh sertifikat pendidik bernomor registrasi yang dikeluarkan oleh penyelenggara PPG.

Pelaksanaan pretest sebagai tahap awal Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahun 2022 sebagai upaya untuk mengetahui capaian kompetensi awal peserta PPG.

Hasil pretest tersebut nantinya akan digunakan sebagai pedoman pemetaan kompetensi guru untuk Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Kisi-kisi soal pretest Pendidikan Profesi Guru PPG Tahun 2022 selengkapnya dapat diunduh pada tautan berikut ini.

 Unduh Kisi-Kisi Soal Pretest PPG Tahun 2022

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang " Kisi-kisi soal pretest Pendidikan Profesi Guru PPG Tahun 2022  ", semoga bermanfa'at. 

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Post a Comment for "Kisi-kisi soal Pretest Program Pendidikan Guru PPG Tahun 2022"